Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air
Oleh :
Inggriani Andewi P
(09141108)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2011
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
........................................................................................................i
Daftar Isi .................................................................................................................ii
BAB I: Pengantar
A.
Latar
Belakang
.............................................................................................1
B.
Rumusan Masalah........................................................................................1
C.
Tujuan
.........................................................................................................1
D.
Manfaat .......................................................................................................2
BAB II: Pembahasan
A.
Pengertian
Air
.............................................................................................3
B. Sifat-sifat Air
..............................................................................................3
C.
Kegiatan
yang di lakukan Siswa di Laboraturium
.....................................4
BAB III: Penutup
A.
Kesimpulan
................................................................................................7
B.
Saran ..........................................................................................................7
C. Daftar Pustaka
...........................................................................................8
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunia-Nya, penulis
menyelesaikan makalah dengan judul : ““Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air”
Mulai
perencanaan sampai dengan penyelesaian makalah ini, penulis telah banyak
mendapatkan bantuan-bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam
kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat:
1. Bapak Drs. Parji, M.Pd., Rektor IKIP PGRI
Madiun.
2. Bapak Drs. Ibadullah Malawi, M.Pd., selaku
Kepala Program Studi.
3. Ibu
Elly fatkhusana, M.Pd., Dosen Pembelajaran SAINS / IPA.
4. Bapak dan Ibu
orang tua yang telah memberikan dorongan dan doa restu, baik moral maupun
material selama penulis menuntut ilmu.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa
senantiasa memberikan Rahmat dan Karunia-Nya kepada semua pihak yang telah
memberikan segala bantuan tersebut di atas. Makalah ini tentu saja masih jauh dari sempurna, sehingga penulis dengan
senang hati menerima kritik demi perbaikan. Kepada pembaca mungkin masih bisa
mengembangkan makalah ini pada ruang lingkup yang lebih luas dan analisis yang
lebih tajam. Akhirnya semoga makalah ini ada manfaatnya.
Madiun, 30 Maret
2011
Penulis
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Masalah
IPA sebagai suatu proses
penelusuran merupakan suatu pandangan yang menghubungkan gambaran sains yang
berhubungan erat dengan segi laboratorium beserta perangkatnya. Faktanya bahwa
air sangat dekat dengan kehidupan manusia. Air juga memiliki banyak sifat yang
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam pelajaran SAINS
terdapat materi tentang sifat-sifat air. Untuk mengetahui dan membuktikan apa
saja sifat-sifat air tersebut dan bagaimana terjadinya maka siswa perlu melakukan
sebuah peneelusuran atau praktikum di laboratorium.
Dari latar belakang diatas,
kami mengangkat judul “Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air”.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa air itu?
2.
Apa saja sifat-sifat air?
3.
Kegiatan apa saja yang dilakukan siswa untuk membuktikan
sifat-sifat air?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui definisi air.
2.
Untuk mengetahui sifat-sifat air.
3.
Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan siswa untuk
membuktikan sifat-sifat air.
D.
Manfaat
1.
Agar siswa mengerti bahwa belajar IPA adalah belajar dengan
alam.
2.
Agar siswa mnegetahui bahwa IPA bukanlah suatu mata pelajaran
hafalan.
3.
Agar siswa dan guru belajar menjadi seorang peneliti melalui
IPA.
4.
Meningkatkan kualitas guru dalam
pembelajaran dengan menggunakan
metode
eksperimen yang telah dilakukan siswa, sehingga siswa bisa berperan langsung
dalam pembelajaran ini.
5.
Kualitas pendidikan di sekolah
akan meningkat, karena adanya penigkatan cara mengajar guru dan hasil belajar
siswa.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Air
Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk
kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di
planet lain. Air dalam bentuk cair
adalah tidak bewarna, tidak berbau, tidak mempunyai rasa dan merupakan senyawa
yang sukar dimampatkan yang memiliki beberapa sifat yang khas. Salah satu
sifatnya yang khas tersebut yaitu dalam mengalami pendinginan/pembekuan.
Berlinan dengan sifat sebagian besar senyawa yang akan mengkerut bila mengalami
pendinginan/pembekuan, volume air akan mengembang bila membeku.
B.
Sifat-sifat
Air
a.
Air Mengalir dari tempat yang
tinggi menuju permukaan rendah.
Air Mengalir dari
tempat yang tinggi menuju permukaan rendah merupakan salah satu sifat dari air,
Sedangkan untuk contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagi berikut,
Tandon air dibuat lebih tinggi dari pipa air, atap dibuat miring agar air dapat
mengalir dari genting ke bawah, saluran irigasi dibuat miring agar air dapat
mengalir dengan lancar.
b.
Air memberi tekanan
Air memberi tekanan
maksudnya air akan memberikan tekanan kesegala arah apabila ada suatu lubang
disetiap wadah airnya, Contohnya alat penyiram tanaman, air akan menekan
kesegala arah melalui lubang air, Sedangkan tekanan yang diberikan oleh air
bisa beragam tergantung dari letak lubangnya.
c.
Kapilaritas
Kapilaritas adalah
kemampuan zat cair untuk meresap melalui celah-celah kecil. Contohnya Kain yang
dicelupkan sebagian pada bak yang diisi air, kain akan menyerap air karena kain
memiliki celah-celah kecil, kertas tisu yang digunakan untuk menyerap keringat
dan air. Sedangkan contoh untuk bahan yang tidak dapat diserap air adalah
plastik dan Alumunium foil kedua benda itu sangat kedap terhadap air sehingga
proses kapilaritas tidak bisa berlaku.
d.
Bentuk Permukaan air selalu tenang
dan datar
Bentuk permukaan air
selalu tenang dan datar contohnya jika kita menuangkan air kedalam ember maka
kedudukan air akan datar, begitu pula jika ember di miringkan maka kedudukan
air tetap datar. Water pas adalah contoh dari prinsip bahwa bentuk permukaan
air selalu tenang dan datar.
e.
Melarutkan Benda tertentu
Zat cair melarutkan
benda tertentu contohnya garam, gula, dapat dilarutkan oleh air, sedangkan
contoh zat yang tidak bisa larut dalam cair adalah tanah, pasir dan minyak.
Fakor yang mempengaruhi suatupelarutan benda adalah suhu air yang tinggi akan
lebih cepat melarutkan daripada suhu air yang rendah, Kecepatan mengaduk,
mengaduk dengan cepat akan lebih cepat pula benda larut, Anomali air dimana
pada suhu 4 derajat C volum air menyusut sampai terkecil namun bila suhu
diturunkan kebawah 4 derajat C maka volumenya bertambah.
f.
Berubah bentuk sesuai pada
tempatnya
Air akan berubah-ubah
bentuk sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Contoh: apabila air ditempatkan
pada botol maka bentuknya akan seperti botol.
C. Kegiatan Yang Dilakukan Siswa
di Laboratorium
a.
Air Mengalir dari tempat yang
tinggi menuju permukaan rendah
Untuk membuktikan bahwa
air mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah, siswa dapat
melakukan percobaan misalnya dengan menuangkan air dari ketinggian tertentu ke
dalam baskom yang posisinya lebih rendah. Kegiatan yang dilakukan siswa
tersebut dapat membuktikan bahwa sifat air yang pertama benar.
b.
Air memberi tekanan
Untuk membuktikan bahwa
air memberi tekanan, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan melubangi gelas
aqua sebanyak 3 lubang secara vertikal. Kemudian dituangkan air ke dalam gelas
aqua tersebut, maka akan terbukti bahwa air akan memancur dan inilah yang
dimaksud air memberikan tekanan.
c.
Kapilaritas
Untuk membuktikan bahwa
air daya kapilaritas, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan
menyampirkan selembar tisu ke mulut aqua yang telah berisi air penuh. Lama
kelamaan tisu akan menjadi basah semua dan air menetes ke bawah melalui tisu.
d.
Bentuk Permukaan air selalu tenang
dan datar
Untuk membuktikan bahwa
sifat air bentuk permukaannya selalu tenang dan datar, siswa dapat melakukan
percobaan misalnya dengan water pas.
e.
Melarutkan Benda tertentu
Untuk membuktikan bahwa
sifat air dapat melarutkan benda tertentu, siswa dapat melakukan percobaan
misalnya dengan melarutkan 1 sendok gula ke dalam segelas air. Terbukti gula
tersebut akan larut dan air terasa manis.
f.
Berubah bentuk sesuai pada
tempatnya
Untuk membuktikan bahwa
sifat air berubah bentuk sesuai dengan wadahnya, siswa dapat melakukan percobaan
misalnya dengan mengisikan air ke dalam gelas dan ke dalam botol. Dari kedua
percobaan tersebut akan tampak bentuk yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa
sifat air berubah-ubah sesuai dengan wadahnya.
BABIII
PENUTUP
D. KESIMPULAN
Kita telah mengetahui sifat- sifat air diantaranya:
a.
Air Mengalir dari tempat yang
tinggi menuju permukaan rendah.
b.
Air memberi tekanan
c.
Mempunyai daya kapilaritas
d.
Bentuk Permukaan air selalu tenang
dan datar
e.
Melarutkan Benda tertentu
f.
Berubah-ubah bentuknya sesuai
wadahnya
Siswa dapat membuktikan
sifat-sifat air tersebut dengan melakukan berbagai percobaan di laboratorium
sekolah. Dengan demikian dapat terbukti bahwa:
Ø Sains merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan
kesempatan berpikir kritis; misalnya sains diajarkan dengan mengikuti metode
"menemukan sendiri". Dengan ini anak dihadapkan pada suatu masalah.
Ø Sains merupakan suatu mata pelajaran melalui percobaan
-percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak. maka sains tidaklah merupakan mata
pelajaran yang bersifat hafalan belaka.
Ø Mata pelajaran ini mempunyai: nilai – nilai pendidikan
yaitu mempunyai potensi yang dapat membentuk keprbadian anak secara
keseluruhan.
B. SARAN
Dalam pembelajaran IPA
sebagai seorang guru sebaiknya senantiasa membimbing siswa dalam melakukan
percobaan. Bagi sekolah sebaiknya memfasilitasi sekolahannya sehingga mendukung
siswa untuk melakukan eksperimen dalam
pelajaran IPA.
C. DAFTAR PUSTAKA
http://www.preceptorial.com/materi-ipa-sd-kelas-iv-semester-i-sifat-air/
http://www.docstoc.com/docs/25354680/HAKIKAT-IPA
(semoga sedikit uraian dari saya bisa bermanfaat Amin...)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar